Al iraqi

sebelum ujian kemaren ane sempat baca salah satu buku karangan Prof Dr atif al iraqi yang berjudul tajdid fil al madzahib al falsafiyah wal kalamiyah, dalam buku ini beliau ingin mencoba untuk menawarkan solusi baru untuk para pengkaji ilmu ini terkhusus bagi mereka yang menggiati filsafat, memang pandangan-pandangan beliau tentang dunia Filsafat ini tidak di ragukan lagi, beliau telah banyak menulis berbagai macam buku tentang filsafat ilmu kalam dan tasawwuf. bukan hanya itu beliau juga mempunyai murid-murid yang tidak bisa di ragukan lagi kapabilitasnya di bidang ilmu theologi dan filsafat. murid-murid beliau seperti DR Najah Muhsin. pilosof wanita mesir yang pernah menulis buku al fikri as-siyasi indal muktazilah. selain itu adapula muridnya yang bernama Dr majdi muhammad ibrahim yang menulis sebuah buku dibidang tasawwwuf yang berjudul Al hal fana baina al junaid wal gazhali. dan masih banyak lagi murid-murid beliau.
bila kita membaca buku-buku beliau ia sangat keras menghantam metodelogi para mutakallimin, yang dianggapnya sebagai kaum jadali, beliau memang banyak terpengaruh dengan filosof Andalusia Ibnu rusyd, maka tak heran diantara buku-bukunya banyak sekali mengulas tentang ibnu rusyd.
diantara buku-buku ibnu rusyd yang pernah beliau tulis seperti : al filosof Ibnu rusyd wa mustaqbal atsaqafah al arabiyyah ( kemaren beli di maktabah usrah :d ) ada juga an-nazatul al aqliyyah fi falsafati ibnu rusyd. dan masih banyak lagi buku-buku beliau yang apabila dibaca kelihatannya beliau ini sangat nge-fans banget ama Ibnu rusyd, hampir di setiap buku beliau mengulas tentang filosof ini. seperti bukunya : tsauratul aqli fi al falsafatil arab. dan juga bukunya yang sekarang lagi ane baca ini, tajdid fil al madzahib al falsafiyah wal kalamiyah ( barusan basah kena air pas lagi nulis di blog ini).
dengan penyampaian yang cukup renyah dan mudah untuk difahami ( ini yang ane suka dari atif iraqi hampir mirip dengan motodelogi Ibnu taimiyah) beliau menjelaskan satu demi satu pemikiran dan argumen para tokoh-tokoh mutakallimin dan filsafat dari nas yang sulit hingga nas yang paling sulit beliau berusaha untuk menyederhanakannya dan menyimpelkannya. hampir semua buku-buku beliau sudah ane beli selain buku-buku yang ane jelasin diatas ada juga buku beliau yang membahas tentang filsafat naturalis ibnu sina, judulnya : al falsafati at-tabi'iyyah inda ibnu sina. selain berkualitas buku-buku beliau juga sangat murah, apalagi kalau udah dicetak sama dar el ma'arif atau maktabah usrah. Prof Dr Atif Iraqi semoga Allah selalu menjaga beliau dan membalas jasa-jasa beliau amin.

Penulis : Wawan. ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Al iraqi ini dipublish oleh Wawan. pada hari Senin, 26 Juli 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Al iraqi
 

0 komentar:

Posting Komentar